Pertanyaan Seputar KTA dan KPR Mandiri

Penghasilan Sampingan
Tanya:
Apakah penghasilan sampingan bisa dijadikan bahan pertimbangan?
Jawab
1. Untuk pengajuan KTA mandiri, penghasilan sampingan tidak bisa di accept. Karena Kta Mandiri hanya mempertimbangkan penghasilan dari perusahaan.
2. Untuk pengajuan KPR Mandiri, penghasilan sampingan bisa di accept asalkan usaha yang dijalankan memiliki surat-surat seperti Akte Pendirian, SIUP, TDP, NPWP, Neraca Laba Rugi

Beli Rumah bukan di Perumahan
Tanya:
Apakah saya bisa menggunakan kpr mandiri untuk pembelian rumah second yang lokasinya bukan di perumahan dan bagaimana prosesnya?

Jawab:
Bisa. Kpr mandiri bisa membiayai pembelian rumah second. Yang perlu dipastikan adalah:
  1. Kondisi rumah: Lebar jalan dimuka 3 meter sekiranya bisa berpapasan dua mobil, tidak dibawah SUTET, tidak banjir, tidak sengketa
  2. Surat-surat lengkap: Sertifikat, IMB, PBB dan bukti bayar pajak terakhir
  3. Kpr mandiri membiayai 70% dari harga penilaian rumah
Adapun prosesnya bisa dilihat di Panduan pengajuan kpr mandiri rumah second.

Beli Rumah Yang Masih Kpr

Tanya:
Saya mau beli rumah tapi rumah tersebut masih kpr di bank lain, Bisa gak mandiri yang lunasin ke bank tersebut dan nantinya saya nyicil ke bank mandiri?

Jawab:
Tidak bisa. Kecuali punya dana talangan untuk pengambilan sertifikat ke Bank asal. Karena jika kpr mandirinya disetujui, sertifikat asli harus diserahkan ke Bank Mandiri untuk pengecekan oleh notaris. 

KTA Mandiri, blm payrol tapi bersedia Payrol
Tanya:
Saya ingin mengajukan kta mandiri tapi gajian saya belum melalui Bank Mandiri. Namun jika pengajuan kredit tanpa agunan saya disetujui saya bersedia memindahkan gaji saya ke Bank Mandiri. Apakah saya bisa mendapatkan bunga kta payrol mandiri? Dan apa saja persyaratannya?

Jawab:
Bisa dan itu sangat menguntungkan karena tentu angsurannya jauh lebih rendah. Adapun syaratnya: copy ktp, npwp, slig gaji, rekening tabungan 3 bln terakhir, materai, surat pernyataan pindah payrol (tersedia). Sedangkan pencairan dananya  setelah gajian masuk ke Bank Mandiri (setelah payrol).

Kta Mandiri, Kerja di Luar Kota
Tanya:
Bisakah Saya mengajukan kta sementara saya bekerja (ditugaskan) di luar kota?

Jawab:
Bisa dengan ketentuan:
  1. Ada kantor pusat/cabang di daerah Jakarta dan sekitarnya
  2. Tempat tinggal di daerah Jakarta dan sekitarnya


Kta Mandiri, Pelunasan Hutang
Tanya:
Saya bekerja di perusahaan swasta yang sudah MITRAKARYA dengan Bank Mandiri dengan penghasilan rata-rata 4jt perbulan. Sementara ini saya mempunya kewajiban/angsuran yang kalau jumlahkan sekitar 70 juta. Bisakah saya mengajukan kta mandiri 100 jt dimana sebagian buat pelunasan dan sebagian lagi buat renovasi?

Jawab:
Sebenarnya sangat beruntung sekali karena bunga/angsuran untuk kta mitrakarya paling rendah. Tapi sayang belum bisa mengkover pinjaman yang diajukan. Karena maksimal plafond yang diberikan adalah 12 kali penghasilan. Jadi dengan rata-rata income 4 jt perbulan, maksmimal pinjamannya sekitar 50 jt. Sementara untuk melunasi kewajiban sekarang aja tidak mengkover.
Saran: Sebaiknya menggunakan fasilitas Kredit Multiguna Mandiri dengan mengagunkan sertifikat atas nama pemohon atau pasangan (istri/suami). Maksimal pinjaman yang didapat 70% dari harga rumah sekarang.

6 Responses to "Pertanyaan Seputar KTA dan KPR Mandiri"

  1. Bagaimanakah cara kita bisa mengetahui sisa kta kita sewaktu-waktu..?

    ReplyDelete
  2. Bagaimanakah cara kita bisa mengetahui sisa kta kita sewaktu-waktu..?

    telp langsung ke call center mandiri: siapkan no rek mandirinya

    ReplyDelete
  3. mau tanya..
    saat ini saya punya cicilan KPR di mandiri
    dulu plafond yang saya ajukan 98.8jt
    dan sudah berjalan kurang lebih 4tahun
    bisakah saya mengajukan top up untuk renovasi??
    bagaimana caranya dan syaratnya apa saja??

    ReplyDelete
  4. pa.aku punya pinjaman kta udah 3x priode yg terakhir 20j baru beberapa bulan jika aku tutup lalu ambil 100 juta buat beli rumah di dekat tempat kerja,bisa ga .gaji 5 juta perbulan tidak ada angsuran yg lain.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. selamat siang,saya karyawan tetap di perusahaan asing masa kerja 4 tahun dan gaji sudah payrol mandri,masih punya sisa KTA 1 tahun lagi apakah saya bisa mengajukan kpr tanpa DP atau Top Up KTA sesuai harga rumah...terima kasih

    ReplyDelete

Terimakasih atas komentar Anda